Posted in Bisnis cafe

lupakan dulu target, awalilah usaha dengan pelayanan terbaik..


Siang hari kemarin, saya sengaja keluar sambil JJS ‘jalan-jalan sore’ niatnya mampir ke stand baru misterblek milik seorang teman, pak Aldy namanya. Lokasi Misterblek ada di Giant Mall, Bekasi. Udara yang panas ketika itu,bikin saya makin semangat deh untuk mampir dan langsung pesen ice blend nya. Sempat beberapa menit setelah masuk mall, saya berkeliling mengitari mall ini sebentar, tampak sekali, mall ini didominasi oleh banyak sekali stand-stand kecil makanan & minuman, dari mulai berbagai merk teh, donut, ice cream, dan tentunya stand pak aldy sendiri yang sedikit berbeda dari umumnya, yaa, berbeda… karena sepertinya konsep kedai kopi mini tidak begitu banyak di mall ini. sambil saya pesan kopi, saya ijin ke mba Widi (penjaga stand) untuk ambil foto dari kedainya. Ini hasil jepretannya.


Pelayannya cukup ramah dan nampak sudah sangat beradaptasi dengan pekerjaannya. Sambil nyeruput ice blended rasa Tiramisu, tanpa basa-basi saya iseng bertanya,.gmana uda banyak pembeli?ujar saya. Alhamdulillah, lumayan’ bgitu kta si mba (mba Widi;klo saya tdk lupa), setiap hari dari hari1 launching, pembeli cukup lumayan rame.
Sempet saya berpikir dan ingat sesaat tentang kondisi dimana seharusnya kita sebagai pengusaha memiliki intuisi yang strategis. Salah seorang teman pernah bilang’ saat bisnis kita didatangi & diserbu banyak konsumen, di saat itu pula kita mesti waspada, karena biasanya setelah itu, bersiaplah kita menghadapi kondisi yang berbeda, sepi, no buyers, no sell out, dlsb. Karena apa, kecendrungan masyarakat kita adalah pro konsumtif & cepat bosan dengan suatu produk yang dia baru temui. Disinilah kita pelaku usaha mesti sepakat, bahwa bisnis yang akan survive, maju & kerap tumbuh, membutuhkan sentuhan-sentuhan ide, kemasan yang bagus, inovasi & modifikasi dan pada akhirnya adalah memaintance itu semua, agar konsumen bisa addict terhadap produk kita. Setelah mereka merasa terpuaskan, ya otomatis, popularitas & kualitas dari produk kita akan terbentuk dengan sendirinya. Pembeli tidak akan mudah berpaling ke produk lain, karena selera mereka tercukupkan.
Dari secuplik info dari mba Widi tentang penjualan di kedai misterblek yang dia jaga, akhirnya saya sempat beropini, saat kita memulai penjualan secara bertahap, pelan tapi pasti, hingga nantinya benar-benar mencapai target yang ideal. Semua itu lebih baik daripada memulai sesuatu dengan mentarget angka penjualan yg tinggi/melenjit di awal tapi setelah itu penjualan semakin menurun & tidak berbekas. Semoga inovasi & masukan kreatif selalu ada di otak pemiliknya.”
Sebagai langkah awal memulai usaha ini,jangan ragu untuk give t’best product & our service..

good luck Al..’:)

Terima kasih

Ichsan

Penulis:

i'm ordiary, but i have big dream

Tinggalkan Balasan

