Q & A

Posted in Bisnis cafe

Obat Mujarab

buat para pencinta kopi dan penyebar manfaat…

seharum kopi pagiku

Sore kemarin saya memenuhi undangan pihak manajemen foodcourt, yang tak bukan adalah pemilik tempat dan mitra usaha dari kedai kopi saya.

Selain silaturahmi, sekaligus juga kami menyelesaikan 1 urusan administrasi, yaitu menandatangani surat perpanjangan kerjasama usaha untuk tahun 2014.

Tak terasa 2013 segera berakhir dan babak 2014 segera tiba kawan… (waktu terasa cepat ya😀 ..)

Tepat tanggal 5 November , memang masa kontrak kerjasama berakhir antara misterblek_sukabumi dengan pihak manajemen food court tempat saya jualan.

Seperti yang sudah terbiasa, momen ini bagi saya dan team adalah waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi.

sejauh apa kita melangkah, dan apa yang sudah kita berikan. kalau soal yang didapat nanti di akhir cerita kita bicarakan itu.

sambil saya menulis titik kosong di draft kontrak, ada 1 lembar lampiran yang terpisah, tak sabar,langsung saya baca selembar kertas itu.
isinya tabel hasil penjualan  total omzet kami dalam 1 tahun.

Sejenak saya tertegun sambil memperhatikan…

Lihat pos aslinya 228 kata lagi

Posted in Bisnis cafe, Informasi

satu lagi , siapa cepat #PROMO #IDESEGAR Oktober 2013

” #idesegarkedaikopi kembali ngajak kamu #bukawarung ”

hari ini mulai dari modal “mau”, para calon mitra #idesegar yang mau berbagi untung,berbagi harum kopi, bisa memulainya.

caranya gimana?
yuuu simak dulu…

cukup tentukan halaman atau teras rumah, depan tokomu, depan outlet kaosmu atau mobil kamu sekalipun..bisa jadikan tempat ngopingobrol kamu dan pelanggan.

paket yang didapet (100 pcs kopi pre-serve all varian, 1 dus whipcream plus cetakan dan resep rahasia #idesegar)

#promo ini berlaku mulai hari ini , 16 Oktober sampai 31 oktober 2013.

info lebih jelas bisa hub online contact kami di 0818-088-24093 (whatsapp) / PIN 21A52341

Posted in Artikel

Gak ada Superman yang ada SuperMom

Hari ini dan sampai akhir pekan ini ..
Ada momen tak biasa dimana sejak kemarin istriku akan menjalani ujian tingkat, yang sebut saja ‘super keteter’, bagaimana tidak.
Hari-hari lalu, mungkin sedikit lebih ringan karena ada asisten yang bisa dititipi anak, dan jg sesekali membantu mandikan anak2 yang masih kecil.
Tak dipungkiri, selain jg pimpro rumah tangga, istriku sedikit kreatif untuk ngerjain urusan lain,yaitu mengelola bisnis, meski hanya di hulu saja, karena selanjutnya ada pegawai yang kita pekerjakan. BUkan membebaninya, tetapi memang saya akui istriku lah yang bisa diandalkan saat ini untuk mengatur perjalanan usaha ini, cashflow dan keuanganan dan juga mengatur ketersediaan bahan baku..istriku emang jagonya.

Bukan materi semata memang yang kita kejar..tetapi harapan & mimpi mulia harus diwujudkan *cie ..nyukil motivator gaya bahasanya.
Memang, sebenarnya memang sudah tidak ideal klo istriku masih disibukan juga dengan kesibukan usaha ini, karena tetap membesarkan dan mendidik anak-anak serta fokus pada keluarga itu lebih utama.

Maafkan bunda’ semoga perlahan tapi pasti, urusan kesibukan bisa terurai satu-persatu, hingga cukup kaulah yang jadi manajernya, bukan tenaga operasioanalnya.

Kembali ke cerita di rumah, karena asisten yang pulang lebih cepat, dengan alasan ada urusan keluarga. Disusul ibu mertua yang sedang soan untuk acara pernikahan saudara di palembang.
Sehingga selepas saya pergi kantor, tinggal kesabaran istriku yang ku andalkan, hehe..
maklum anak pertama yang laki-laki saat ini berusia 3 thn, dan adiknya menjelang 1 tahun bulan ini.
Terbayang anak-anak yang sedang hobinya bergerak ke sagala penjuru, terbayang deh…

1 hal, selalu ada hikmah dari kejadian, dari kondisi itu, akan menghadirkan kebesaran hati dan kemandirian yang alamiah..kapan kita akan BISA jika kita tak terBIASA.
Dan saya selalu bersyukur, bahwa anak-anak tetap ada di tangan yang benar,yaitu ibunya sendiri.

Pernah saya dengar ucapan dari saudara yang anak-anaknya sudah tumbuh besar, berkata bijak sperti ini:
“syukuri & nikmati masa-masa kesibukan mengurus anak-anak kita, meskipun kita disibukan dengan tingkah ceria nya, kenakalan nya, keingintauannya..karena jika mereka sudah besar”kita akan rindu dengan momen keceriaan itu “.

Terima kasih istriku,tetap tersenyum & semangatlah!! ..buat ibu-ibu mulia diluar sana yang juga dititipin Allah amanat yang sangat berharga, yaitu buah hati-buah hati tercinta, ..semoga kita sebagai orangtua tetap berusaha semampu kita mencukupi mereka dengan cinta kasih.

Kalau ada anak yang mengidolakan SUPERMAN di layar tv, semoga anak-anak kita lebih mengidolakan SUPERMOM di dunia ini, yaitu Ibunya..SETUJU??

Proud of You Bunda’

Posted in Bisnis cafe

Fenomena sesaat

Hari Lebaran baru saja berlalu, cerita kedai kopi di hari libur lebaran mungkin cuma bisa saya bilang, Alhamdulillah Yaa…

Ya, sejak buka di H+2 Lebaran, Kedai kopiku diserbu pembeli dari pagi sampe sore, dan berlanjut ke malam hari juga.

Situasi pasca lebaran memang bukan hal baru buat saya, makanya jauh sebelum hari H, stock kopi sudah saya siapkan. Jangan sampai terulang kembali saat 2 tahun lalu kedai saya harus tutup karena “out of stock”.

Ada yang harus dibaca dari fenomena ini sebenarnya, saat keramaian datang kita sudah harus bersiap menghadapi kondisi sebaliknya.

Karena hujan tidak selamanya turun, buktinya musim kemarau saat ini masih belum bisa diprediksikan sampai kapan. Begitupun sebaliknya.

Fenomena ‘ramai’ lebaran semestinya harus diwaspadai, dipikirkan dan disiasati, butuh sebuah’ide segar’ untuk tetep melanggengkan situasi agar baik-baik saja, atau paling tidak menjaga situasi kedai kopi ‘terkendali’, he ..

Tak lupa, penghargaan tertinggi harus saya berikan kepada crew (baca:karyawan), merekalah yang saya anggap tim sukses dari ini semua.

Semoga kita tetap bisa solid dan terus merasa haus untuk menjadi lebih sempurna.

” Met Hari Raya Idl Fitri…semoga kita bisa ‘kembali fitrah’ dan lebih baik lagi “

 

 

 

amiinnn …:)

Posted in Bisnis cafe

Hook1..(dibaca ; hoki)

Kali ini saya ingin mengajak temen-temen semua untuk sedikit membayangkan jika di kota Sukabumi ini ada suatu tempat yang menciptakan suasana lain sedikit beda, sedikit mengajak anda untuk berpikir 2 kali apakah sanggup atau tidak untuk mencoba menu-menu kita. Jangan takut, ini bukan soal harga tapi, soal rasa yang kita tawarkan sedikit menantang adrenalin anda untuk berani mencoba tingkat kepedasan rasa mie atau bihun yang kita sajikan.
Ada beberapa level atau tingkatan pedas yang kita tawarkan ke anda, tapi jangan takut kalau anda habiskan anda dapatkan bonus minuman segar yang gak kalah ‘maknyoss’.
kopi ice blended vanila atau tiramisu dan mie bihun ‘Seugak’ akan menguji lidah anda untuk bergoyang dan meminta ampun,hehe..

Pertanyaannya, dimana sih tempat yang dibicarakan di atas tadi?
Kita beritahu anda, cafe Hook’ adalah nama tempat kita berjualan, Hook terinspirasi dari ketenaran sosok bajak laut ‘kapten Hook’ yang menjadi musuh sejatinya jagoan di fiksi peterpan.
Tapi cafe Hook disini (dibaca:huk ) artinya posisi cafe kita yang berada di ujung atau dipinggir persimpangan jalan.
Yah, kita ambil nama itu terilhami dari posisi kita yang memang cukup strategis yaitu di huk’ jalan atau ujung jalan.
Buat temen-temen yang mau cari nuansa makanan yang baru dan tempat yang cukup santai dengan separu halaman yang terbuka, silahkan mampir di lokasi cafe Hook, di Jl.Syamsudin SH No.1, Sukabumi.
Ada 1 lagi fasilitas tambahan bagi anda yang datang ke cafe kami. Bagi yang ingin sekalian memanjakan diri, creambath, cutting atau pedicure, anda bisa mampir di ‘Say it cute’ salon unik yang punya pelayanan dan harga terbaik, terutama bagi orangtua yang kepingin ajak anaknya untuk potong rambut, salon ini dapat menjadi pilihan bagi putra putri anda, mereka bisa nyaman bermain dan juga mencoba baju-baju stylish di salon ini, karena ada spot butik yang menyajikan banyak koleksi pakaian yang keren punya.
sudah dulu yah, pokoknya kalau anda gak mau kehabisan, cepet dateng ya, cafe Hook buka pada pukul 10 pagi – 8 malam..happy hour with us

Posted in Bisnis cafe, Informasi

Ber’Sinergi’

Sudah 1 pekan memulai buka kedai kopi ke 2 dengan konsep kedai gerobak di ruang terbuka dan ngumpul bareng dengan kuliner-kuliner khas lainnya. Kedai ke 2 ini merupakan cita-cita yang saya siapkan dari sejak lama namun terkendala waktu untuk menggarapnya, karena waktu habis di meja kerja.
Lompat deh biar singkat, padat dan berisi,(roti kali)..akhirnya awal Agustus tepat awal Ramadhan juga ketika itu saya putuskan pulkam (pulang kampoeng) dini dan menyusun strategi baru untuk impian tertunda saya. Alhamdulillah,setelah memiliki kedai kopi pertama sejak 2009 akhirnya saya diberikan kesempatan untuk membuka kedai ke-2. Meski kali ini saya rasakan tingkat kesulitan yang ‘sangat’ dibanding saat pertama kali mengawali usaha. Mungkin di situ tersirat benar bahwa”mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya”.Kesulitan yang mesti dijalani sejak mulai mencari lokasi yang bisa saya diami untuk membuka kedai saya. Tidak semudah yang dibayangkan ternyata untuk lokasi yang strategis harus saya bayar dengan harga yang ‘pantas’. Dengan besar hati saya tidak menyerah untuk mencari lokasi yang pas dengan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja & Ngirit) haha, udah deh disambung-sambungin aja.
Dengan modal seadanya dan sedikit ngotot juga,he..akhirnya kedai ke2 dibuka, lokasi kali ini cukup strategis di Sukabumi (Jl.Jend Syamsudin SH No.1). Klo orang sukabumi ada yang belum tahu??hukumnya wajib’be untuk datang.
Saat kedai ke2 mulai jualan, dalam benak saya hanya ada 1 keinginan : bagaimana agar kedai ini ada di benak setiap orang, paling tidak, meskipun tidak ramai pembeli, minimal kedai saya ramai dibicarakan.
Angin segar pun tiba pada suatu ketika saya bergabung di socmed twitter yang berinisial @YoungpreneurSMI. Yah, account yang digagas oleh seorang teman di dunia maya yang akhirnya mempertemukan banyak pengusaha muda sukabumi untuk ber’sinergi’.
Ajakan itu langsung saya sambut, dan walhasil cukup menyenangkan bisa banyak teman, sahabat yang memiliki passion sama. Singkatnya, melalui socmed dan teman-teman saya inilah promo bisnis saya terbantu, begitupula saya pun ikut merekomendasikan produk dan bisnis mereka, inilah yang disebut ‘sinergi’.

youngpreneur_doc

Promo bagi-bagi voucher adalah promo pertama saya untuk kedai ke2 ini, Biasanya kita twit buat yang ingin mendapatkan voucher free, kita minta untuk mention ke account @d_ngopi (account twitter yang merepresentasikan kedai Misterblek-Sukabumi). Buat temen-temen yang belum mention, ditunggu ya.
Posting kali ini saya dedikasikan untuk teman-teman @YoungPreneurSMI @SukabumiToday ..ciauw

Posted in Bisnis cafe

Titik Balik = Titik Temu

Hari yang biasa terasa teratur saat ini terasa acak bagi saya, ya rutinitas harian sebagai karyawan membuat hari-hari saya terasa konstan terlebih di setiap pekan saya pun bolak balik pulang Bekasi-Sukabumi.
Yah, sudah hampir 1 bulan lebih rutinitas sebagai karyawan lepas dari diri saya.
Betul juga saat kondisi sulit dan serba tidak jelas menerpa, seseorang akan berusaha keras untuk bergerak karena dipaksa’ mungkin pernah sahabat semua mendengar cerita yang lelucon ini sering diceritakan. Kala itu di suatu kerajaan, sang Raja mengumumkan sayembara dimana sang pemenang akan mendapatkan hadiah dengan menikahi putri sang Raja, asalkan dia mampu menyeberangi kolam penuh dengan buaya, pada ahirnya ada 1 orang yang saat itu juga langsung berenang dan akhirnya tiba dan berhasil sampai di tepian dan dinyatakan sebagai pemenang, bahkan dielukan sebagai pemberani, tapi apa yang dikatakan orang tersebut “siapa yang mendorong saya tadi?!”seru dia sambil nafasnya terpayah-payah.
Ternyata memang saat kondisi sulit, seseorang bisa berbuat apapun, tentunya perbuatan atau action-action positif yang akan mendapatkan tempatnya.
Kembali ke “Me” atau paragraf awal yang menceritakan saya. Betul, keteraturan yang berkonotasi bekerja dari pukul 8-5 sore tidak lagi masuk jadwal harianku..(ooww:acak lah pokoknya!!)
Lepas dari ‘zona aman’ yang sering diistilahkan banyak orang benar-benar saat ini saya rasakan..ajibbb lah😀
temanku pernah bilang kondisi kepepet bakal bisa lari lebih kenceng untuk meraih mimpi-mimpi kita, benerrr pisaann:D kaya dikejar anjing..

Alhamdulillah keyakinan ke Yang Maha Kaya tetap dan semakin kuat. Tidaklah mungkin situasi ini biasa saja, pasti Allah yang menggerakan semua ini, itu yang saya syukuri dan saya yakini di hati saya sampai saat ini.
Mungkin saja, dulu setiap ada target pekerjaan atau projek, saya tidak memiliki banyak waktu dan harus menyiasatinya agar tidak berbenturan dengan aktifitas utama saya ngantor. Hikmahnya, dengan kondisi jobless saat ini, apa yang ingin saya kerjakan bisa saya kerjakan kapan pun,dimanapun, ngebutt deh istilahnya.
Ide atau gagasan bisnis semakin mengerucut, karena ketersediaan waktu yang banyak, pikiran semakin fokus.
Silaturahmi dan sharing dengan sahabat dan teman lama dan banyak orang yang saya inginkan kapan saja bisa.

Pastilah benar, manusia dihadapkan dengan masalah adalah cara terbaik Tuhan untuk memberikan sesuatu yang lebih berharga jika setiap kita dapat mengambil hikmah. Allah lebih tahu yang terbaik untuk hambaNya. Just Doing..Just Believing..Keep Smile🙂
sambil setiap hari nunggguin kabar baik,…:)hehe

Bisa jadi di setiap ‘titik balik’ kita dapat menemukan ‘titik temu’..Right ?
Dalam ayat Al-Quran pun dijelaskan “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An Nasyr: 5)